Langsung ke konten utama

Database itu apa ? Apa aja manfaatnya ?
Yuk cari tau disini 😊



Pengertian database adalah sekumpulan data yang sudah disusun dengan ketentuan dan aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya dan memperoleh informasi tersebut.

Manfaatnya ....., yuk baca terus pasti langsung paham, lagi jadi master DATABASE ~
  • Kecepatan dan kemudahaan
  • Pemakaian bersama-sama
  • Kontrol data terpusat
  • Menghemat biaya perangkat
  • Keamanan Data
  • Memudahkan dalam pembuatan aplikasi baru
Naaah ...

Salah satu contoh pengimplementasian sistem yang menggunakan database dalam bidang bisnis-perbisnisan 😃 hehe ..

Yaa sih, saat ini penggunaan sistem teknologi informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok baik dalam skala kecil, menengah, maupun skala yang besar hehe .. Persaingan bisnis yang semakin kuat saat mempengaruhi efektifitas dan efisiensi bisnis kitaa dongs. Nah dengan adanya pengimplementasian sistem yang menggunakan database akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis dalam pengolahan data.

Aplikasi DBMS populer yang tersedia anatar lain ada Microsoft Access atau aplikasi kategori Open Source seperti OpenOffice Base yang bisa secara didapat gratis. Kebanyakan sih dipakek sama bisnis-bisnis kecil dan menengah, kalau yang skala besar ditangan sama programmer untuk memanipulasi datanya.

Ada juga pengimplementasian sistem database pada perusahaan retail, yang sering dijumpai.
Database yang digunakan lebih tepatnya software khusus yang dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau lebih tepatnya berdasarkan dengan permintaan perusahaan hehe 😋. 
Database retail berisi tentang jumlah persediaan masing-masing barang, harga barang, data pelanggan, data tanggal kadaluarsa makanan, dsb. Masing-masing data terintregrasi berguna bagi proses kinerja perusahaan, memudahkan pekerjaan tentunya ... Semisal, data jumlah persediaan digunakan untuk mengatur sirkulasi persediaan barang baik yang digudang maupun yang siap untuk dijual. Harga barang yang dapat diubah oleh perusahaan sesuai dengan promosi-promosi yang dilakukan dsb.

Kesuksesan dalam pengelolahan database terletak pada keakuratan dalam proses pendataan. Dan tetap perusahaan harus memiliki standarisasi pada seluruh data-data yang ada.

SUMBER : 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME BASIS DATA DDL (Data Definition Language) DDL (Data Definition Language) adalah kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat (create), mengubah (alter), dan menghapus (drop) struktur dan definisi tipe data dari objek-objek database. TABLE Sebuah tabel terdiri dari baris (row) dan kolom (column), dimana jumlah dan nama kolom harus didefinisikan terlebih dahulu diawal. Sedangkan baris merupakan sebuah variable yang dapat dihapus dan disi kapanpun, sehingga jumlahnya selalu berubah sesuai dengan jumlah data didalamnya.     Setiap kolom dalam tabel mempunyai tipe data, tipe data digunakan untuk mempermudah dalam menggunakannya dan melakukan pengelolaan selanjutnya CREATE TABLE Bentuk umum perintah CREATE TABLE adalah: CREATE TABLE [ schema .]  table ( column datatype  [DEFAULT  expr ] [, …..]); contoh perintah create table adalah sebagai berikut: DROP TABLE Sintaks : DROP TABLE table_mhs ALTER TABLE RENAME Bentuk umum dari perin